Postur tubuh bagian atas

1 year ago by in Metode

Postur Tubuh AtasSetelah mengatur postur tubuh bagian bawah dengan menyilangkan kedua kaki, tubuh harus tegak lurus. Seakan-akan ada sebuah tali yang menarik ubun-ubun kita ke atas. Adalah sangat penting untuk menegakkan tulang punggung kita. Boleh di bilang bahwa dari keseluruhan postur tubuh, posisi tulang punggung yang tegak adalah yang terpenting. Setelah tubuh tegak lurus, seimbangkan kedua pundak, lalu biarkanlah lengan terkulai ke bawah. Satukan kedua telapak tangan anda dan sekadar letakkan di atas pangkuan kaki dengan ringan sehingga anda tidak merasa telapak tangan menindih kaki anda.

Lalu bagian leher juga harus ditegakkan. Caranya dengan mengarahkan pandangan mata ke depan, lalu menarik dagu masuk sedikit mendekati kerongkongan. Saat dagu ditekuk masuk, kepala jangan jadi menunduk atau mata jadi memandang ke bawah. Posisi kepala tetap tegak dan mata tetap memandang ke depan. Di sini kita cukup menggerakkan leher sedikit ke belakang.

Ada sebagian orang yang ketika bermeditasi, bagian dadanya sangat tegak membusung sehingga bagian pundak menjadi sangat tegang. Saat duduk bermeditasi, bukan dada yang ditegakkan, tetapi pingganglah yang harus ditegakkan. Jika pinggang ditegakkan, tubuh akan sedikit condong ke depan. Tubuh akan sedikit melengkung ke dalam membentuk busur. Lalu kita biarkan bagian dada membuka.

mudraKita bisa menggunakan satu cara berlatih agar bagian dada tidak membusung. Tumpukkan empat jari dengan empat jari yang lain. Tidak masalah tangan kiri atau tangan kanan yang berada di atas, asalkan jari-jari saling menempel. Hanya bagian jari-jari saja yang saling bertumpukan. Jari-jari jangan terlalu masuk hingga berada di atas telapak tangan. Lalu kedua ibu jari saling bersentuhan secara ringan. Selanjutnya, kita angkat telapak tangan sampai lengan sejajar dengan pundak. Kedua tangan membentuk sebuah lingkaran seolah-olah sedang memeluk tiang besar.

Telapak tangannya terlalu jauh dari tubuh atau terlalu dekat. Kedua tangan kita harus membentuk lingkaran bulat, tidak lonjong. Sesudah itu turunkan lengan ke bawah, menyentuh ringan di atas kaki. Dada tidak akan membusung. tapi depan dada anda akan membentuk seperti lingkaran. Setelah tangan diletakkan dengan benar, biarkan siku menempel secara ringan ke tubuh.

Selanjutnya anda mengatur organ wajah yaitu lidah, mulut, dan wajah. Dan jangan tidak kalah penting, untuk bermeditasi dengan aman anda juga membutuhkan perlengkapan pendukung berupa pakaian yang sesuai dan handuk penutup lutut.

2 Responses to “Postur tubuh bagian atas”


[...] tubuh bagian bawah yang baik menjadi landasan agar postur tubuh bagian atas juga bisa menjadi [...]

[...] bawah yaitu posisi kaki kita. Setelah tubuh bagian bawah berada pada postur yang tepat, barulah tubuh bagian atas yaitu (2) tulang punggung, (3) tangan, dan (4) pundak bisa berada pada postur yang tepat. Oleh [...]

Leave a Comment