Perlengkapan meditasi duduk

1 year ago by in Metode

perlengkapanmeditasiAda 4 perlengkapan yang kita butuhkan dalam meditasi. Alas duduk (matras) dan bantal duduk (cushion) digunakan untuk mengatur postur tubuh kita. Handuk dan pakaian yg sesuai digunakan untuk melindungi tubuh kita.

Alas duduk (matras)

Alas duduk ini bisa berupa spons atau karpet yang agak tebal. Alas duduk ini punya dua fungsi. Pertama melindungi dari kerasnya lantai. Jika kita duduk langsung di atas lantai, ruas-ruas tulang kita menjadi tertekan karena lantai biasanya sangat keras. Apabila kita duduk dalam jangka waktu lama, kaki akan cedera.

Yang kedua, lantai punya sifat lembab dan basah. Bila kita duduk untuk waktu lama, lantai di bawah kita akan menjadi basah dan kaki akan menyerap kelembaban dari lantai. Ini tidak baik bagi kaki kita.

Ukuran matras sebaiknya cukup luas untuk mengalasi seluruh lutut kita. Jika kita membeli bahan berukuran 2m x 1m, bisa kita potong menjadi 4 matras berukuran 75 cm x 65 cm atau 3 matras berukuran 80 cm x 80 cm.

Bantal duduk (cushion)

Selain matras kita juga menggunakan bantal duduk bundar. Manfaatnya adalah untuk meninggikan pantat. Sesuai dengan susunan kerangka tubuh, maka jika kita hendak menegakkan bagian pinggang, bagian pantat harus lebih tinggi dari lutut. Seberapa tinggi, tergantung masing-masing orang, namun tetap harus ditinggikan.

Anda bisa mencobanya sendiri. Pertama-tama duduklah tanpa bantal, terserah posisi kaki anda seperti apa. Anda boleh duduk datar dengan kaki lurus ke depan, lalu tegakkan bagian pinggang. Jangan bersandar pada dinding. Anda akan menyadari bahwa untuk menegakkan pinggang butuh tenaga. Bila anda menggunakan tenaga di bagian itu, maka seluruh tubuh akan menjadi tidak relaks. Akan tetapi, jika anda menggunakan bantal duduk untuk meninggikan bagian pantat, secara alami tulang punggung menjadi tegak.

Ini karena struktur kerangka tulang mengharuskan bagian pantat ini ditinggikan, barulah kita bisa dengan mudah menegakkan tulang punggung dengan tepat.

Jika tidak disesuaikan, setelah duduk dalam jangka waktu lama, tubuh menghabiskan banyak energi kemudian menjadi tegang. Akhirnya sirkulasi energi menjadi tidak lancar. Jadi, jika duduk cukup lama, anda akan menyadari bahwa bagian punggung anda semakin lama semakin membungkuk. Setelah membungkuk, tulang ekor menjadi tertekan. Itulah sebabnya ada orang yang setelah duduk bermeditasi cukup lama, tulang ekor menjadi sakit.

Handuk atau Selimut

Kita harus menutupi bagian kaki dengan handuk karena ketika duduk bermeditasi bagian lutut akan tertekuk sehingga pori-pori menjadi terbuka. Ketika musim dingin, udara terasa cukup kering tetapi sangat dingin. Jika dalam jangka waktu lama kita tidak menyelimutinya, bagian lutut bisa menyerap hawa dingin. Bila cuaca panas, akan terasa lembab, kadar airnya tinggi. Saat pori-pori terbuka, kelembaban ini akan terserap lutut. Dengan demikian, perlahan-lahan akan muncul masalah di bagian lutut. Lutut bisa mengalami rematik, encok dan penyakit sejenis lainnya.

Ketika duduk bermeditasi, jangan memakai celana pendek. Kita menggunakan celana sebagai pelindung lapis pertama. Dikala cuaca panas, kita menambah kain tipis sebagai pelindung lapis kedua.

Anda bisa mencoba sendiri. Silahkan anda duduk bersila. Setelah beberapa saat, rabalah bagian lutut. Lutut terasa dingin karena anda tidak menutupnya. Dingin ini menandakan bahwa bagian lutut sebenarnya sudah mulai menyerap hawa dingin dan kelembaban yang ada.

Pakaian yang sesuai

Jika udara terasa cukup sejuk, maka lebih bagus jika kita menutup pundak dengan selendang. Jika merasa sedikit dingin, anda bisa menggunakan selendang untuk menutupi bagian kepala. Pakaian yang dipakai harus bisa menjaga kehangatan tubuh. Sekalipun kita berada di daerah tropis, cuaca sedikit hangat dan panas, anda sahabat pria jangan berpikir bahwa karena cuaca panas maka anda tidak perlu pakai baju. Oleh karena cuaca panas membuat kita berkeringat. Setelah keringat bercucuran, tidak baik jika air keringat ini terserap kembali ke dalam tubuh. Kita perlu menjaga kehangatan tubuh ini. Pakaian sangatlah penting. Sesuaikanlah pakaian dengan kondisi iklim.

Kita harus memperhatikan hal-hal ini meski kelihatannya tidak begitu penting. Kita duduk bermeditasi tidak hanya untuk dua atau tiga menit. Mungkin sekali duduk setengah jam. Ada juga yang duduk sekitar satu-dua jam. Saat itu, bila anda duduk dengan postur tubuh yang benar, tubuh menjadi relaks dan pori-pori tubuh akan membuka. Itulah sebabnya, mengapa ketika sudah duduk dengan benar, napas semakin lama akan semakin halus. Itu disebabkan karena pori-pori tubuh juga ikut bernapas.

Pernapasan kita yang utama adalah melalui hidung. Akan tetapi, pori-pori tubuh juga ikut bernapas. Saat itu, kita tidak lagi memerlukan begitu banyak oksigen. Ketika sudah duduk dengan baik, energi yang digunakan menjadi sedikit. Organ dalam tubuh juga tidak lagi membutuhkan banyak oksigen, napas akan berkurang. Bahkan beberapa orang mungkin tidak merasa sedang bernapas meskipun tentu saja tubuh ini tetap bernapas.

Saat itu, kita harus melindungi dan menjaga tubuh. Jika kita sama sekali tidak melindunginya, saat iklim ini berubah atau ada angin meniup masuk ke dalam, sedangkan pori-pori dalam keadaan terbuka, angin itu akan diserap oleh tubuh. Seperti ketika tidur, meskipun berada di daerah tropis yang cenderung hangat, kita juga butuh sehelai selimut atau memakai pakaian tidur karena ketika tidur pori-pori tubuh akan terbuka. Jika tidak hati-hati dan membiarkan kelembaban masuk ke tubuh, akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.

Saat belajar dan berlatih menggunakan metode, mungkin kita berlatih dalam periode waktu yang lama. Sebelum memasuki kondisi meditatif ini, pertama-tama kita harus mengetahui bagaimana cara melindungi tubuh agar ketika duduk bermeditasi dalam jangka waktu lama, tubuh akan terlindungi dari pengaruh luar. Awalnya kita bermeditasi agar tubuh menjadi sehat. Akan tetapi, jika saat bermeditasi kita tidak menjaga tubuh dengan baik, tubuh malah mendapat pengaruh tidak baik dari luar sehingga berdampak pada kondisi kesehatan tubuh. Jadi, kita kerjakan persiapan ini dengan baik.

3 Responses to “Perlengkapan meditasi duduk”


[...] dan wajah. Dan jangan tidak kalah penting, untuk bermeditasi dengan aman anda juga membutuhkan perlengkapan pendukung berupa pakaian yang sesuai dan handuk penutup [...]

[...] duduk bersila ataupun bersedekuh kita membutuhkan perlengkapan berupa alas duduk (matras) dan bantal meditasi (cushion). Apabila anda tidak bisa duduk bersila ataupun bersedekuh seperti contoh di atas, anda bisa mencoba [...]

[...] kondisi duduk. Untuk itu kita menggunakan alas duduk (matras) dan bantal duduk (cushion) sebagai perlengkapan pendukung. Setelah itu kita bisa mengatur wajah yaitu (5) lidah, (6) mulut, dan (7) mata. Sesudah seluruh [...]

Leave a Comment