Persiapan sebelum duduk

MorningMeditation2Sebelum bermeditasi, sebaiknya anda tidak melakukan tindakan yang menegangkan atau memacu adrenalin. Tenangkanlah tubuh dan pikiran sebelum mulai duduk. Tubuh perlu kita selaraskan sebelum memasuki kondisi meditatif. Ketika mau mulai meditasi, bila tubuh masih tegang, kita perlu merelakskannya sejenak. Kita bisa melakukan meditasi jalan sejenak kemudian kita merelakskan kaki terlebih dulu, kendurkan otot-otot, lakukan gerakan peregangan. Setelah pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang, barulah kita mulai mempersiapkan duduk kita.

Kita harus duduk dengan alas matras. Lalu duduk di atas bantal.Ketika duduk, pertama-tama kita harus mengatur bantal duduk dengan baik. Tidak perlu tergesa-gesa ingin segera bermeditasi. Bantal meditasi yang biasanya mesti diatur kembali sebelum digunakan kembali, terutama bantal yang berisi kapuk. Bantal kapuk bisa kita tekan-tekan sehingga kapuknya terurai dan tidak menggumpal. Aturlah bantal dengan baik hingga nyaman digunakan.

Kaki kita letakkan di atas matras dan bagian pantat duduk di atas bantal. Kita harus mengukur sebentar, seberapa banyak ruang yang harus kita tempati? Ini harus menjadi perhatian. Jika duduk terlalu ke dalam, tubuh akan mudah membungkuk ke bawah. Jika duduk terlalu ke luar, tubuh akan mudah condong ke depan. Kira-kira duduklah setengah dari bantal. Paling banyak dua pertiga dari bantal duduk sehingga bagian belakang bantal masih ada sisa sedikit ruang. Ruang ini sebenarnya membantu ketika kita menegakkan bagian pinggang. Jika kita menempati keseluruhan bantal duduk hingga tidak ada lagi tempat tersisa di belakang, setelah duduk tubuh akan mudah terjatuh ke belakang.

Tiap orang punya kondisi yang berbeda, karena itu kita harus mengukur sendiri seberapa dalam sebaiknya kita menduduki bantal. Di samping itu, kadang ada yang matrasnya lebih besar, kadang bantal duduknya yang lebih besar. Besarnya matras dan bantal ini harus disesuaikan dengan tubuh kita. Jika bantalnya kecil tapi pantatnya besar akan terasa tidak nyaman saat duduk. Orang yang punya paha besar juga cenderung membutuhkan bantal yang lebih tebal.

Setelah duduk dengan baik, silangkan kaki dengan baik. Jika kaki relaks, sangat relaks, sebentar saja sudah bisa bersila. Akan tetapi, jangan tergesa-gesa. Kita tetap harus mengatur sebentar tempat duduk kita karena setelah duduk, paling tidak kita duduk setengah jam. Bahkan, anda mungkin bisa sekali duduk langsung selama satu-dua jam. Jadi sebelum anda duduk, aturlah dulu tempat duduk dengan benar.

Jangan sampai setelah duduk, baru merasakan bantal agak keras di bagian tertentu. Duduk di atasnya merasa sedikit tidak nyaman. Mungkin anda berpikir tidak apa-apalah, hanya sedikit tidak nyaman. Akan tetapi, setelah duduk lama, semakin lama terasa semakin keras. Jika sebelum duduk sudah bisa disadari, bukankah terlebih dahulu anda bisa mengatur agar bantal ini tidak terlalu keras, bisa lembut sedikit. Bantal yang berisi kapuk, bila anda atur sedikit, biar menjadi lebih lembut.

Kalau anda tidak peduli, langsung duduk saja, setelah beberapa waktu berlalu, bantal duduk ini akan membuat anda tertahan. Hendak keluar dari kondisi meditatif merasa tidak tepat, tidak keluar juga tidak tepat. Anda duduk di sana hanya membuat batin gelisah.

Setelah mengatur alas dan bantal, kita mengatur postur tubuh kita. Setelah postur tubuh sudah berada dalam posisi tepat, tidak usah tergesa-gesa. Anda bisa menarik napas dalam terlebih dulu. Anda bisa melakukannya sebanyak tiga kali. Sebelumnya lakukan beberapa gerakan senam peregangan di bagian kepala dan leher. Bahkan anda juga boleh melakukan gerakan senam pribadi sebelum bermeditasi.

Janganlah tergesa-gesa. Begitu masuk ke aula meditasi ingin segera bermeditasi. Belum sempat cukup relaks sudah ingin segera bermeditasi. Sebelum memasuki kondisi meditatif, kita harus memahami bagaimana merelakskan dan mengatur postur tubuh kita terlebih dulu. Baru kemudian duduk bermeditasi.

2 thoughts on “Persiapan sebelum duduk”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>