Masalah yang berhubungan dengan tubuh

1 year ago by in Metode

Bebas dari rasa kantukSaat belajar duduk bermeditasi bisa muncul halangan yang berasal dari tubuh ini. Secara umum halangan ini adalah tidak bisa duduk bersila dan munculnya rasa tidak nyaman di bagian tubuh tertentu. Di samping kedua masalah ini, bisa juga muncul rasa kantuk akibat kelelahan yang mana juga berhubungan dengan kondisi tubuh kita.

Beberapa orang saat hendak duduk bersila, otot dan persendian terasa kaku. Ketika sudah bisa bersila, hanya semenit dua menit sudah tidak tahan sakitnya. Ada beberapa pilihan postur duduk bersila. Kita bisa memilih postur yang paling nyaman, dan melatihnya agar kita terbiasa dengan postur duduk yang kita pilih. Namun beberapa orang tetap merasa tidak nyaman. Jika kita masih saja tetap tidak bisa duduk, ini menandakan bahwa tubuh kita sudah mulai tua.

Bila kita melihat orang yang lanjut usia, penuaan yang terlihat sangat jelas adalah mereka semakin ltidak mampu berjalan. Kaki adalah bagian pertama yang menjadi tanda penuaan kita. Jika anda menyadari kaki anda sudah tidak sanggup lagi, itu artinya anda benar-benar sudah tua.

Mungkin perlu melakukan beberapa gerakan senam atau peregangan kaki. Dengan melakukan gerakan tersebut, kita menambah kekuatan kaki, sehingga proses penuaan menjadi lebih lamban. Kita semua tetap mengalami penuaan, tetapi prosesnya menjadi lebih lambat. Kita tidak mengatakan bahwa tua itu pasti tidak baik, karena setiap orang pasti akan mengalami ketuaan. Namun, jika bisa memperlambat proses penuaan ini, tubuh akan lebih bertenaga sehingga bisa mengerjakan lebih banyak hal.

Jadi, kita bisa menjaga kondisi kaki kita dengan cara duduk bersila dengan postur yang benar. Jika kaki sakit, kaki pegal dan kesemutan, jangan khawatir! Bersabarlah dan berdamai dengannya lalu membiarkannya berlalu secara perlahan. Postur kaki bersila sebenarnya adalah sebuah sirkulasi. Setelah kaki sudah terbiasa dengan postur ini, sirkulasi energi dan darah menjadi lancar, anda akan menyadari bahwa kaki akan semakin bertenaga.

Ketegangan dan rasa sakit pada tubuh.

Kadang orang berpikir, jika postur tubuh sudah benar dan tubuh sudah dalam kondisi relaks, seharusnya tubuh merasa nyaman. Namun beberapa orang malah merasa sakit di kaki, pinggang, punggung nyeri. Semua rasa tidak nyaman muncul ke permukaan. Sedangkan bila duduk dengan postur tubuh seenaknya, malah tidak merasa pegal dan sakit.

Kondisi ini menandakan bahwa biasanya kita tidak menjaga tubuh ini dengan baik. Oleh karena itu, saat tubuh mulai relaks, berbagai jenis masalah pada tubuh muncul di permukaan. Ada begitu banyak bagian tubuh yang mengalami ketegangan dan terasa sakit. Ketegangan dan rasa sakit ini menandakan bagian itu dalam kondisi tertekan atau pernah cedera sehingga energi kita tidak bisa mengalir dengan lancar. Mungkin sewaktu kita kecil, ada cedera di kaki atau bagian tubuh lainnya yang tidak kita pedulikan sehingga lukanya terpendam di sana.

Sebenarnya tubuh kita penuh dengan energi. Energi ini umumnya akan terus mengalir. Namun, terkadang kita tidak menjaganya dengan baik sehingga cedera di sana-sini, akibatnya energi di dalam tubuh akan tertahan. Tubuh bagian mana pun, apabila kita relaks dengan postur tubuh yang benar, maka energi dalam tubuh akan mengalir. Jika kemudian muncul rasa pegal, sakit, kesemutan, dan ketidaknyamanan, itu menandakan bahwa sehari-hari bagian tubuh tersebut tidak dalam kondisi yang relaks atau pernah mengalami cedera sehingga terjadi penyumbatan di sana. Energi yang tersumbat akan menimbulkan rasa tidaknyaman, pegal, sakit, kesemutan.

Kita baru bisa menyadari hal-hal ini ketika bermeditasi. Jika tidak bermeditasi biasanya kita tidak merasakannya. Ketika bermeditasi, kita bisa menyadari masalah tubuh yang terpendam. Jika masalah ini tidak ditangani perlahan-lahan masalah ini bisa menjelma menjadi berbagai macam penyakit.

Cara kita menangani masalah ini yaitu dengan melanjutkan meditasi. Duduk dengan relaks sampai sensasi ketidaknyamanan ini secara perlahan berkurang dan lenyap sehingga tubuh bisa sembuh kembali dengan kondisi yang lebih sehat dan baik. Hasil ini didapat dari praktik meditasi. Dengan meditasi duduk yang hening dan tenang, tubuh bisa diselaraskan dengan baik.

Jika saat bermeditasi ada pergumulan yang terjadi, janganlah berpikir, “Aduh, kenapa saya tolol sekali! Kenapa datang ke sini untuk menderita! membuat sengsara diri sendiri! Tubuh tadinya tidak sakit malah sengaja dibuat sakit!” Sebaliknya, anda harus berpikir, “Eh! Saya datang bermeditasi, benar-benar sangat cerdas, karena saya bisa menyadari masalah yang terjadi di tubuh saya, lalu saya bisa terus melanjutkan metode meditasi ini untuk menyelaraskan tubuh dengan benar.”

Inilah halangan pertama yang harus dilewati ketika berlatih duduk bermeditasi. Banyak orang menemui kesulitan ini ketika mulai bermeditasi. Umumnya mereka sulit meneruskan latihan, karena tidak memahami prinsip ini. Jika sudah memahami, kita lebih mudah menaklukkan halangan yang terjadi di tubuh kita.

Saat bermeditasi, jika tubuh kita bisa menjadi sedemikian relaks, maka melalui meditasi duduk ini, kita bisa menyelaraskan batin kita secara lebih mendalam.

3 Responses to “Masalah yang berhubungan dengan tubuh”


[...] bahwa meditasi seharusnya tenang dan relaks. Namun, karena kita menjadi lebih sensitif terhadap masalah di tubuh dan masalah di pikiran kita, akhirnya ketenangan kita terusik oleh permasalahan yang [...]

Budhiardjo
January 16, 2013 Reply

ijin share

[...] Masalah yang berhubungan dengan tubuh [...]

Leave a Comment