Tentang MeditasiZen.com

Zen adalah kata jepang yg berasal dari kata kata mandarin “chán” 禪. Dan kata “chán” 禪 berasal dari kata sansekerta “dhyāna” meskipun keduanya mempunyai makna yg agak berbeda. Dalam bahasa vietnam Zen dikenal sebagai “thiền” dan dalam bahasa korea dikenal sebagai “seon”.

Zen adalah salah satu tradisi ajaran Buddha yang mempunyai fokus pada meditasi. Ajarannya mengacu pada Guru Agung Sakyamuni Buddha yang dibawa oleh Bodhidharma dari India menuju dataran Tiongkok. Dari Tiongkok ajaran Chan menyebar ke berbagai penjuru dunia diantaranya ke korea, dan dari korea menyebar ke jepang.

Penulis mengenal ajaran zen melalui tradisi Chan (Chinese Zen). Situs ini menggunakan istilah Zen karena di Indonesia Zen lebih dikenal ketimbang Chan. Namun selanjutkan kata Chan akan digunakan beriringan dengan kata Zen.

Meskipun berasal dari ajaran Buddha, Meditasi Zen ini sebenarnya adalah sebuah ajaran yang lepas dari batas agama, tidak membutuhkan doa-doa, atau persyaratan yang mengikat. Siapa saya boleh mempelajarinya, dan tidak perlu meninggalkan keyakinan yang dianut.

Artikel Utama Meditasi Zen

  1. Apakah Zen / Chan itu
  2. Mengapa bermeditasi
  3. Tahapan-tahapan meditasi
    1. Persiapan sebelum duduk meditasi
    2. Postur tubuh
      1. Postur tubuh bagian bawah
      2. Postur tubuh bagian atas
      3. Wajah
      4. Perlengkapan meditasi duduk
    3. Masalah yang berhubungan dengan tubuh
    4. Merelakskan Tubuh
    5. Mengatasi Rasa Kantuk
    6. Menyadari Keseluruhan Tubuh
    7. Menyadari Napas
    8. Menghitung Napas
    9. Mengikuti Napas
    10. Keluar dari Meditasi
  4. Kesalahan dalam meditasi

Leave a Comment